Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

BERAGAM MANFAAT LENGKUAS



            Rempah ini sudah akrab sekali dengan para ibu di dapur. Untuk apa lagi kalau bukan sebagai bumbu pelengkap. Aromanya yang khas menjadikan makanan lebih menggigit. Bahkan bisa jadi setiap masakan  dicampuri rempah yang satu ini. Laos atau lengkuas juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau anyir pada daging atau ikan. Terkadang juga menjadi bumbu campuran ayam goreng. Namun ada juga sebagian orang yang tak suka dengan aroma laos. Tumbuhan yang bernama latin Alpinia galanga ini termasuk dalam kategori umbi-umbian, tumbuhan yang satu ini dapat hidup dimana saja. Asalkan tanahnya subur dan cukup pasokan airnya. 
Namun selain rempah pelengkap, tanaman laos ini bermanfaat untuk obat tradisional berbagai penyakit. Dikutip dari laman Stylecraze lengkuas mengandung nutrisi yang cukup tinggi. Diantaranya  adalah zat besi, sodium, vitamin A, vitamin C, antioksidan (flavonoid dan fitonutrien), beta-sitosterol, emodin, quercetin, dan galangin. Lengkuas juga menjadi sumber serat yang baik apabila diserap oleh tubuh. Selain itu laos juga mengandung  galangol, methyl-cinnamae, galangin dan sineol. Senyawa lainnya adalah kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih banyak lagi lainnya.
KandunganS galangol, alpine, kamfer, galangin, methycinnamate berkhasiat anti bakteri dan jamur. Lengkuas ini juga dapat menambah nafsu makan, menghangatkan serta membersihkan tubuh (detoksifikasi), mengencerkan dahak pada batuk, dan memiliki khasiat afrodisiak bagi pasutri yang memiliki masalah dengan gairah seksual. Sementara, kandungan kimia lengkuas, yaitu, galangun, minyak atsiri, kaempfena dan eugenol berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan, seperti mulas berlebihan, diare, kolik usus dan penyakit herfes. Cara mengkonsumsi lengkuas ini adalah dengan mengiris atau memarut kemudian saripatihnya diperas atau diseduh, setelah itu diminum.
Anda pernah mengalami mabuk darat atau laut? Bagaimana rasanya? Tentu sangat menyiksa bukan? Yaah .. mabuk darat maupun laut kerap kali menyerang bagi orang yang tidak kuat dengan AC atau bau kendaraan. Bagi anda yang mengalami hal seperti ini, maka bawalah makanan yang ada campuran laosnya. Karena laos ini dapat meredakan mabuk ketika perjalanan. 
Dewasa ini sudah kerap kita jumpai berbagai macam penyakit yang berbahaya. Pemicunya tak lain dan tak bukan adalah pola makan. Terlalu sering mengonsumsi junk food dan makanan serba instan adalah salah satu pemicunya. Benarlah pepatah”Sedia paying sebulum hujan” sebaiknya kita berhati-hati sebelum semuanya terjadi.salah satu penyakit ganas itu adalah tumor, yaitu adanya pergerakan sel atau daging tumbuh yang perkembangannya sangat cepat. Sehingga tumor ini harus di hilagkan agar tidak mengganggu sistem tubuh yang lainnya.  Pencampuran laos sebagai salah satu rempah pada makanan anda dapat mengurangi resiko tumor. Senyawa transkoniferil disasetat di dalam lengkuas diketahui mampu menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu pemicu tumor.
Penambahan laos dalam makanan ini ternyata banyak khasiatnya, salah satunya adalah menangkal radikal bebas, melancarkan peredaran darah sehingga anda dapat terhindar dari stroke, juga dapat menambah nafsu makan. Maka jangan ragu untuk menambahkan laos ini pada masakan anda. 
Manfaat lain dari laos ini juga mampu meremajakan kulit anda. Sehingga anda lebih terlihat awet muda. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang terdiri dari 40 antioksidan, dimana masing-masing antioksidan saling melengkapi. Buatlah jus laos namun jangan terlalu banyak airnya. Dan diminum laosnya harus yang masih muda sehingga mudah untuk di blender. Selain untuk meremajakan kulit jus laos ini juga dapat di jadikan obat untuk luka bakar. Caranya mudah saja, cukup oleskan krim lengkuas pada luka bakar anda. Maka akan berangsur-angsur sembuh tanpa bekas. Jus laos ini juga dapat di jadikan masker untyuk membersihkan wajah dari noda-noda jerawat ataupun serangan para jerawat. Anda tentunya tak mau kan bila muka anda yang halus di tumbuhi beraneka ragam jerawat. Maka masker laos ini bias jadi obatnya. Anda tak perlu bersusah payah pergi ke dokter spesialis untuk mengobati jerawat yang membandel. 

Maka nikmat tuhanmu manakah yang kau dustakan?” QS Ar Rohman. 

Semua tumbuhan yang telah Alloh ciptakan adalah untuk diambil manfaatnya bagi manusia. Patutlah kita banyak bersyukur. Karena kesehatan itu mahal harganya.


Back To Top