Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

TAK SEMBARANG TANAMAN ... TERNYATA KUNYIT!!!!!

            Kali ini saya akan membahas tanaman yang sudah taka sing lagi ditelinga kita. Bahkan beberapa orang juga menanamnya. Obat yang telah Alloh ciptkan tumbuh disekitar kita. Tak perlu bersusah payah untuk mendapatkan obat yang satu ini. Ia berwarna kuning dan sebagaai bahan utama jamu kunir asem. Ia bernama kunyit, kita dapat menemukannya dibumbu dapur. Bahkan tak pernah absen dari daftar bumbu rempah. Selain menjadikan makanan lebih terlihat menarik, kunyit juga memberikan aroma yang khas sehingga membuat nafsu makan bertambah. 
            Tanaman ini juga kerap kali dijadikan tanaman apotek hidup karenakhasiatnya untuk mengobati. Kunyit atau kunir (Curcuma domestica) adalah tanaman obat yang wilayah tumbuhnya lebih dominan di Asia Tenggara. Tergolong dalam kelompok jahe-jahean dan temu-temuan (temulawak) yang dibeberapa tempat dikenal dengan beberapa nama seperti kurkuma, kunir, koneng, dan konyet.
Inilah obat yang murah lagi aman, tak perlu kita bersusah payah untuk mencarinya ia sudah tersedia oleh alam. 

            Maka nikmat Tuhanmu manakah yang kau dustakan?” QS Ar Rohman

            Sungguh Maha Besar Alloh telah menciptakan tumbuhan yang kecil namun banyak memiliki manfaat. Mari kita ulas beberapa manfaat dari kunyit ini.
Secara medis kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkuminoid merupakan faktor penting dalam pengobatan, senyawa tersebut terdiri dari dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%. Selain itu terdapat pula zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang berkomposisikan Keton sesquiterpen, felandren , sabinen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, borneol dan sineil. Selain kandungan tadi kunyit juga mengandung Protein 30%, Vitamin C 45-55%, Lemak 1 -3%, Karbohidrat 3%, Pati 8%, dan garam-garam mineral yaitu kalsium, fosfor dan zat besi.

1. Mencegah Kanker dan Tumor

Kanker ini  terbentuk akibat adanya sel yang bermutasi karena  radikal bebas serta racun yang masuk kedalam tubuh Yang tak  mampu di netralisir oleh tubuh. Kunyit mampu menetralisir radikal bebas ini karena tanaman yang satu ini kaya akan kurkumin sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang  mampu mencegah serta menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

2. Mengurangi Resiko dan Mengobati Diabetes

Kurkumin yang terdapat  pada kunyit memiliki manfaat yang sangat penting untuk mengatasi resistansi insulin pada tubuh. Ketika resistansi insulin teratasi maka glukosa pada darah dapat terkontrol dengan baik. Sehingga resiko terkena diabetes tipe 2 dapat dihindari. Caranya yaitu dengan menyiapkan 3 rimpang kunyit serta 1/2 sendok teh garam. Rebus bahan tadi pada 1 liter air hingga mendidih.Saring air rebusan kunyit tadi, minum 2 kali seminggu, sekali minim sebanyak 1/2 gelas.

3. Mengurangi Resiko Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan pada otak. Nama lainnya kepikunan.  Menurut hasil penelitian, orang yang rajin mengkonsumsi kunyit memiliki resiko lebih kecil terkena Alzheimer.  Hal tersebut dikarenakan orang yang rajin mengkonsumsi kunyit otaknya lebih terlindungi dari radang otak.

4. Mengobati Tifus dan Radang Lambung

Kandungan kunyit yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit tyifus. . Caranya yaitu dengan menyiapkan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. kemudian haluskan semua bahan dengan di tumbuk. Selanjutnya beri air sebanyak 1 gelas air. Rebus hingga mendidih dan minum secara rutin setiap hari sekali selama seminggu.

5. Mengatasi Radang Persendian

Ternyata kandungan kurkumin pada kunyit juga bermanfaat sebagai Anti-inflamasi atau anti-radang. Sehingga akan sangat bermanfaat sebagai obat bagi mereka yang menderita penyakit radang sendi. Maka konsumsi kunyit akan sangat membantu, bahkan saat ini mudah di jumpai obat radang sendi berupa kapsul yang berbahan ekstrak dari kunyit.

6. Mengatasi Kolstrol Jahat (LDL) Dalam Tubuh

Kolestrol jahat atau LDL sangat berbahaya bgai tubuh. Kolsetrol yang satu ini dapat memicu berbagai penyakit seperti radang pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, jantung koroner, stroke dan penyakit kolestrol lainya. Kandungan kunyit dipercaya mampu mengatasi kolestrol jahat yang masuk kedalam tubuh sehingga mengurangi resiko terserang penyakit akibat kolestrol.

7. Mengobati Luka dan Mencegah Infeksi

Kunyit juga kaya akan zat anti septik yang sangat bermanfaat untuk mengobati luka dan mencegak infeksi pada luka. Sehingga mampu membunuh bakteri pada luka dan membuat luka cepat kering.

8.  Menyembuhkan diare

Kunyit dapat menyembuhkan penyakit diare, biasanya ini digunaka sebagai alternative ketika anak kecil terkena diare. Caranya :
  • Siapkan 3 biji ketumbar, 1 buah kayu ules, 1 lembar daun tawas, 1/2 jari rimpang kunyit, dan 1/2 rasuk angina.
  • Kombinasikan semua bahan, kemudian rebus ke dalam segelas air (150 ml) sampai mendidih.
  • Saring air rebusan, kemudian minum obat yang telah jadi sehari 2 kali (pagi dan sore) masing-masing 75 mL

9.      Membantu masalah pencernaan

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit dapat  membantu pelepasan empedu, yang diyakini membantu pencernaan makanan. Kunyit dikenal untuk melakukan hal ini dengan cara menstimulasi kandung empedu untuk melepaskan empedu. Empedu memainkan peranan penting untuk pencernaan dalam penyerapan lemak dan vitamin larut lemak dalam usus kecil. Penggunaan kunyit untuk mengatasi masalah terkait pencernaan telah disetujui oleh Komisi Penelitian Jerman, dan lainnya juga menunjukkan hal yang sama.

10.  Mencegah Penumpukan Gas

Kunyit menenangkan sistem pencernaan bagian atas dengan jalan menyingkirkan gas. Kunyit juga dikenal membantu meningkatkan penyerapan usus, dan mempromosikan flora usus. Colitis adalah salah satu penyakit saluran pencernaan kronis yang kumat-kumatan, dan sulit untuk bisa sembuh total. Colitis dapat menyebabkan sakit perut , dan ditandai dengan adanya darah dalam tinja. Studi terhadap kunyit untuk perut yang dilakukan kepada pasien dengan kolitis ulserativa, menemukan bahwa pasien yang diberi kunyit memiliki tingkat kekambuhan yang lebih rendah. 

11.  Kesehatan lambung

Makanan yang kita konsumsi  berpotensi dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan. Setiap hari kita makan makanan yang memiliki sifat korosif, dan dapat membahayakan dinding lambung dan usus. Kunyit akan membantu dengan mengurangi efek ini dengan cara meningkatkan lendir pada dinding lambung dengan bertindak sebagai lapisan pelindung. 

12.  Mengatasi gangguan sembelit

Karena sifat-sifatnya pada pencernaan seperti yang dijelaskan diatas, kunyit akan membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kunyit juga mempromosikan gerakan peristaltik usus besar, sehingga gerak makanan menjadi lancar. Dengan demikian kita akan jauh dari masalah sulit BAB atau sembelit. Lancarnya BAB yang ditandai dengan teraturnya jam kekamar kecil, akan mengurangi resiko wasir dalam jangka panjang. 

13.  Cara mengkonsumsi Kunyit untuk menjaga kesehatan

Ambil beberapa potong ibu jari kunyit segar yang telah dibersihkan kulit arinya dengan dikerik menggunakan sendok.  Parut kunyit, kemudian tambahkan segelas air matang satu gelas, saring dengan kain atau saringan halus bersih sambil ditekan-tekan. Sebelum diminum, tambahkan 1 sdm madu asli dan jeruk nipis untuk menambah rasa. Jika tak ada madu, Anda bisa menggantinya dengan gula merah. Minum satu gelas setiap pagi, 2-3 kali dalam seminggu. 

14.  Mengatasi Gangguan perut

Ambil sesendok kunyit bubuk, segelas air dan tambahkan yoghurt. Minum ramuan ini setelah makan siang ( bukan saat perut kosong). Kapsul Kunyit juga dapat membantu masalah pencernaan. 

Perhatian!!!

Kunyit aman dikonsumsi, asalkan tidak berlebihan setiap hari. Wanita hamil dan menyusui harus menghindari mengonsumsi suplemen kunyit, untuk menghindari kelebihan. Dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan, terutama sebelum mengambil suplemen kunyit.
            Inilah bukti kekuasaan Alloh yang kita tak dapat menghitungny sama sekali. Obat ini telah disediakan di sekitar kita. Maka marilah kita menyadrai akan hal ini.

Tag : KESEHATAN
Back To Top