Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

MANFAAAT BUAH LABU


Satu lagi makanan kesukaan Rosululloh SAW, labu. Ya ... kita mengenalnya dengan waluh. Wah ... ternyata buah yang satu ini juga eksisi di zaman Rosululloh SAW yaa ... gak percaya?Dalam sebuah Hadits disebutkan bahwa seorang penjahit mengundang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menghadiri suatu jamuan makan. 

Kata Anas, “Aku berangkat bersama Rasulullah menghadiri jamuan makan tersebut. Kepada Rasulullah tuan rumah menghidangkan roti dari gandum serta kuah berisi labu dan dendeng. Aku melihat Rasulullah mencari labu dari seputar mangkuk kuah itu.’” (Riwayat Muslim)

Rosululloh SAW  menyuruh istrinya, Aisyah untuk memperbanyak labu dalam masakannya. Dalam kitab al-Ghailaaniyyat diceritakan, Rasulullah pernah minta kepada Aisyah untuk memperbanyak labu saat memasak sayur.

 “Sesungguhnya labu itu dapat mengobati kesedihan hati,” kata Rasulullah.

Labu ini juga di singgung di dalam Al Quran:

Dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu,” (Ash- Shaffat [37]: 146) 

Ayat ini menceritakan kisah Nabi Yunus setelah ditelan ikan paus lalu Allah Subhanahu wa Ta’ala menyelamatkannya dan menumbuhkan pohon yaqtin atau labu sebagai makanan nabi Yunus AS.
Sesungguhnya apa saja yaa . .. manfaat labu ini? Hingga Rosululloh SAW sangat menggemarinya. 

Yuuuk …  kita ulas bersama:
Buah labu ini mengandung mineral, air, kalsium. zat besi, dan vitamin C, juga mengandung saponi dan polifenol. Umumnya dalam 100 gr labu mengandung  34 kal ,1,1 protein, 0,3 lemak, 0,8 mineral, dan 45 mg kalsium. Pada daun dan buahnya labu ini mengandung senyawa saponin dan polifenol. Belum banyak penelitian mengenai labu air, namun diyakini labu air memiliki khasiat dapat menurukan panas tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian Hermanto dalam "Pengaruh Infus buah Benincasa hispida, Corn, dengan Infus buah Lagenaria leucantha, Rusby terhadap suhu Tubuh Tikus Putih" didapatkan hasil bahwa kedua buah memberikan efek yang sama dalam menurunkan demam. Pakar pengobatan alternatif Prof. Dr. Hembing juga mengungkapkan bahwa labu memiliki khasiat untuk mengobati tekanan darah tinggi, menurunkan panas, diabetes, dan memperlancar proses pencernaan. Polifenol dan saponin merupakan salah satu fito kimia yang mempunyai efek biologi menghambat pertumbuhan kanker, antioksidan, menghambat pertumbuhan mikrobia, menurunkan kolesterol darah, menurunkan kadar darah, bersifat antibiotik dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Warna putih pada labu air mengisyaratkan berlimpahnya kandungan mineral. Yang memiliki fungsi untuk mengontrol kesehatan saraf (antara lain sebagai pereda stres), menyusutkan resiko kanker dan menekan pertumbuhan sel kanker, melemahkan virus dan bakteri sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan kesehatan akibat serangan virus atau bakteri, seperti flu, keputihan dan radang.
Buah labu bersifat dingin dan basah yang memberikan asupan gizi ringan. Sifatnya yang lembut dan berair dapat memberikan suntikan makanan yang lembab berlendir, serta sangat cocok untuk mereka yang kedinginan dan kelebihan lendir.

Airnya dapat menghilangkan dahaga dan sangat bergizi. Jika diminum dengan quince dalam bentuk selai, dapat melarutkan lendir. Jika ditumbuk lalu dibalutkan di bagian atas kepala dapat membantu mengatasi radang otak.  Perasan airnya bila dicampur dengan air mawar, lalu diteteskan ke telinga, berkhasiat mengatasi pembengkakan telinga.

Labu juga berkhasiat mengobati mata yang bengkak dan encok panas. Selain itu, ia dapat mengendalikan kadar gula dalam darah, sehingga anda dapat terhindar dari resiko diabetes. Bagi mereka yang memiliki pencernaan panas dan menderita demam, dianjurkan mengkonsumsi buah labu ini.

Kandungan pada biji labu ini terdapat sejumlah asam amino yang langka berkhasiat mencegah atau mengatasi hipertrofi atau pembesaran prostat jinak pada pria dewasa. Pada biji labu merah mengandung mineral Zn (seng) dan Mg (Magnesium), yang sangat penting untuk kesehatan organ reproduksi, termasuk kalenjar prostat.

Ilmuwan dari Chosun University, Korea Selatan menemukan bahwa dalam kulit labu terdapat sejenis zat aktif yang mampu membunuh kuman penyebab penyakit candidiasis atau infeksi jamur.Begitu banyaknya manfaat labu untuk tubuh kita.  Pernyataan tentang labu ini sudah ada sebelum masa berkembangnya sains dan teknologi, maka benarlah semua kebiasaan Rosululloh SAW itu menyehatkan, masihkah anda meragu?

Back To Top