Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

HATI-HATI !!! JANGAN KESERINGAN NGUPIL, KARENA DAPAT BERAKIBAT ....

Aktivitas jorok apa yang sering anda lakukan saat anda diam?
1. Ngupil
2. Gigit Kuku
3. Garuk-garuk pa***t

Survei membuktikan yang sering dilakukan saat terdiam adalah ngupil. Entah siapa pencetus pertama dari ngupil ini. Namun jika diperhatikan saat orang bosan atau lelah menunggu ia lebih sering mengupil. Memang setelah mengupil napas jadi terasa lebih plong dan hidung terasa bersih. 

Upil sendiri atau kotorang gung sebenarnya berasal dari lendir dalam ronngga hidung yang mengering bercampur dengan kotoran yang tersaring oleh bulu-bulu halus pada lubang hidung. Jadi memang sebenarnya ia memang kotorang dan harus dibersihkan. Tapi tahukah anda keseringan "ngupil" ternyata dapat berakibat fatal bagi anda. Apa saja akibatnya?

1. Rentan Terjangkit Flu

Tangan kita tak selalunya aman dari kuman. Sedang hidung adalah organ yang sangat sensitif dengan benda-benda asing dari luar. Saat masuknya tangan yang mengandung banyak bakteri ke dalam hidung. Maka hidung membentuk proteksi dengan mengeluarkan lendir atau minimal bersin. Namun jika dianggap bakteri tersebut sedikit bandel maka akan timbul penyakit influenza. Dimana tubuh berperang melawan bakteri yang masuk dalam tubuh. Pemicunya hanya hal sepele "ngupil"

2. Rentan Terjadi Mimisan dan Infeksi

Kebiasaan ngupil menjadikan seseorang mudah risih dengan sedikit kotoran saja. Akibatnya ngupil seperti rutinitas. Terkadangpun kita tak sadar ternyata kuku jari tangan sudah memanjang. Saat jari yang berkuku panjang tersebut masuk kedalam lubang hidung tak jarang mengoyak selaput dalam hidung bahkan menimbulkan luka. Luka inilah yang dapat menimbulkan mimisan. Selain mimisan luka tersebut juga bisa menjadi infeksi jika tak segera diobati. Potong kuku terlebih dahulu sebelum anda memasukkan jari dalam hidung anda.

3. Rambut Hidung Menjadi Rontok

Seringnya mengupil menyebabkan rambut halus dalam hidung menjadi rontok. Manfaat bulu-bulu tersebut adalah menyaring kotoran agar tak ;angsung masuk ke dalam hidung namun, jika bulunya semakin jarang, maka penyaringannya menjadi kurang ketat. akibatnya kuman dan bakteri mudah sekali untuk masuk. 

4. Menyebabkan Kematian

Inilah dampak paling fatal dari keseringan mengupil. Hal ini disebabkan karena dalam hidung terdapat tulang yang bernama Ethmoid yaitu tulang lunak yang memisahkan hidung dengan otak. Jika saat mengupis seseorang tak sengaja menusuk atau mengoyak tulang ini akibatnya cairan dalam otak bisa bocor dan berakibat terjangkit penyakit Meningitis atau radang selaput otak yang dapat berujung pada kematian.

Meskipun menguipil tak selalunya berdampak negativ namun alangkah baiknya jika mengupil ini bukan dijadikan suatu rutunitas pengisi kekosongan anda.
Back To Top