Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

ANDA HARUS TAHU ... INILAH MANFAAT DARI AIR HUJAN

Selama ini kita dilarang untuk hujan-hujanan karena takut terserang penyakit. Karena tanah yang becek serta guyuran air yang menyebarkan kuman serta bakteri. Namun ternyata anggapan ini salah besar. Hujan adalah rahmat yang Alloh turunkan untuk makhluknya yang berada dibumi. Kehadirannya bila musim kemarau sangat dinanti, namun tak jarang pula seseorang mengeluhkan bila setiap hari diguyur hujan.
Alloh SWT berfirman:

                 Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu diantara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (dari padanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (ni'mat)”[QS.25:50]

            Betapa banyak hikmah dari turunnya hujan, bumi yang gersang, ternak yang kehausan, dan tumbuhan yang kering menjadi bersinar kembali memulai kehidupan seperti sediakala. Ternyata air hujan ini juga baik untuk kesehatan kita, seperti:

            Baik untuk kesehatan otak

Peneliti Australia mendapati, hujan bisa meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Sebuah tim dari University of New South Wales menanyai pembeli di Sydney selama masa dua bulan. Mereka menemukan orang bisa melalui tes ingatan lebih baik saat cuaca buruk dan pembeli sedang merasa depresi. Penemuan itu dilaporkan di Journal of Experimental Psychology. Penelitian ini sejalan yang didapatkan sebelumnya, mahasiwa yang sedang bersedih memiliki IPK lebih tinggi dibandingkan yang bahagia.
Peneliti mengatakan bahagia cenderung menyebabkan pikiraan terlalu lepas sehingga kurang fokus dengan lingkungannya. Sedangkan mood negatif malah meningkatkan perhatian dengan lingkungan di sekitarnya menjadi kian besar manfaat air hujan yang lain adalah untuk merendam mata dan sekaligus mencuci muka, untuk apa itu...?? saya pernah baca di salah satu situs di internet ternyata orang jaman dulu itu mengapa meskipun umurnya sudah aga begitu lama tetapi penglihatannya masih lumayan normal, salah satunya karena mereka menggunakan air hujan merendam mata mereka, satu lagi manfaat air hujan yaitu agar kita awet muda dan sehat mau tau caranya..?? yaitu anda cukup menadah air hujan murni setelah kira-kira sudah cukup lalu anda minum sepuasnya.

Memelihara keindahan rambut

Air hujan dikatakan sebagai salah satu penyebab masalah kerontokan rambut. Hal itu dikarenakan air hujan membawa kandungan polutan dan zat berbahaya yang ada di udara saat musim kemarau. Hujan yang pertama turun berfungsi melarutkan kotoran dan membuatnya jatuh ke permukaan bumi. Oleh karena itu, hindari hujan yang pertama kali turun. Dan ini juga salah satu alasan ketika Anda kecil suka dilarang oleh orang tua untuk mandi hujan saat hujan pertama kali turun dari langit.
Setelah air hujan cukup lama turun, maka kandungan polutan dan kotoran lainnya sudah mulai larut. Air hujan merupakan bentuk air murni yang aman untuk rambut. Jika Anda memiliki masalah dengan rambut, membilas dengan air hujan justru lebih aman ketimbang membilasnya dengan air yang mengandung kaporit dan zat kimia lainnya.
Dikutip dari Rainwater Connection, air yang turun dari langit ini memiliki kadar kenetralan pH yang hampir sempurna, bebas garam dan mineral yang buruk bagi rambut. Jika disaring dengan baik, air hujan menjadi materi paling netral yang dapat Anda gunakan untuk mencuci rambut. Kenetralan yang dimiliki air hujan tidak akan membuat rambut menyimpan sisa busa dari shampo yang Anda gunakan, sehingga proses pencucian menjadi maksimal.
Air hujan juga dipercaya dapat membuat rambut mengembang secara natural dan menjadikan teksturnya lebih lembut. Dahulu kala, banyak orang yang menggunakan air hujan sebagai kondisioner. Caranya, keramas dengan shampo dan kondisioner lalu bilas dengan air hujan untuk menghilangkan busa. Air hujan yang dingin dapat membantu proses pelembaban rambut. Nah, jadi jangan takut untuk kehujanan dan jika ingin rambut Anda bagus maka sebisa mungkin hindari jasa ojek payung.

Melarutkan racun

Air hujan mampu menghilangkan toksin/racun pada tubuh, caranya dengan melarutkan garam dengan air hujan segar, kemudian rendam telapak kaki kita selama ± 15 menit. Lakukan secara rutin.Air hujan harus langsung ditampung tanpa melewati genteng melalui talang.

            Baik untuk kesehatan lambung

Ya, bagi anda yang memiliki masalah dengan gangguan lambung seperti maag, kandungan gas berlebih, rasa kembung atau sebah dan lain-lain dapat mencoba resep sederhana ini.

1. Tadahlah air hujan secara langsung dari alam setelah hujan berlangsung kira kira 10 menit (jangan melalui talang, batang daun dan lain-lain).

2. Pindahkanlah air hujan tersebut ke dalam botol atau gelas dan endapkan selama 24 jam.

3. Setelah 24 jam, ambil setengah bagian air paling atas.dan dimasak sampai mendidih (seperti memasak air minum).

4. Konsumsi secara rutin air hujan yang telah dimasak tersebut secara rutin, dapat juga menjadi pengganti "air" minum kita sehari – hari.

5. Cobalah minum secara rutin sampai sekitar 20 liter dan rasakan manfaat nya

Bila hujan turun dengan derasnya, maka cobalah Anda manfaat kan sebaik mungkin.

Hujan bermanfaat bagi kesehatan, tanpa harus dimasak dahulu, namun perlu diperhatikan. Kita harus menghindari hujan yang pertama. Karena hujan tersebut meluruhkan segala racun dan kotoran, tapi setelah kedua dan ketiga sudah tidak berbahaya lagi. Air hujan yang baik dan aman tuk diminum adalah yang langsung turun dari langit, jadi belum menetes melalui genting, pepohonan atau talang. 
Untuk sebaiknya jangan larang anak anda hujan-hujanan. Selama tidak membahayaka. Biarkan otak mungilnya bereksplor di dunianya yang masih bermain. Namun tetap dibawah pengawasan orang tua.




Back To Top