Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

MAU ANAK ANDA CERDAS??? GUNAKAN PRAKTIS CARA INI


            Memiliki anak yang cerdas tentunya dambaan setiap orang tua, namun terkadang seseorang menjadi pesimis manakala merasa dirinya tak cerdas. 

“Saya saja tak cerdas, mana mungkin anak saya cerdas,”

“Anak saya tidak seperti anak yang lain, makanannya bisa terjamin, hari ini bisa makan aja syukur,” 

            Berbagai asumsi dapat mematahkan semangat orang tua, sehingga terjadilah apa yang mereka omongkan. Ingat wahai orang tua perkataan anda untuk anak anda adalah doa. Seorang imam di masjidil harom adalah seorang anak yang nakal dimasa kecilnya. Sang ibu yang kewalahan akibat keakalan anaknya mengatakan,

” Sudahlah kamu besok jadi imam masjidil harom saja biar gak nakal lagi,” 

            Dan hasilnya sang anak pun menjadi imam masjid nabawi, ia bernama Syaikh Sudais. Adalagi umpatan yang tak sengaja dilontarkan oleh orang tua sehingga terjadi dikemudian hari terhadap sang anak. Setidaknya sebagai orang tua, cerdas bukanlah tujuan utama untuk membentuk karakter anak. Tetapi bagaimana mengarahkan anak menuju sebuah kebenaran, sehingga sang anak tumbuh menjadi pribadi yang mengenal Robbnya ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Berikut ada beberapa nutrisi untuk menjadikan anak anda cerdas.

1.      Kasih Sayang dan Perhatian

Kita sering mendapati anak orang yang kurang mampu atau kadar ekonomi menengah kebawah justru mendapatkan peringkat di kelasnya, lain halnya dengan anak yang orang tuanya mapan dan cenderung semu kebutuhannya tercukupi. Karena mereka tidak mendapatkan apa yang anak kurang mampu ini dapatkan. Apakah itu? Kasih sayang, seseorang yang cenderung sibuk akan mengais rejeki siang malam. Tentu anaknya menjadi terbengkalai. Lain halnya dengan seseorang yang kurang mampu, biasanya kasih sayang penuh diberikan. Serta keinginan yang tinggi dari sang anak. Anak yang cenderung kurang kasih sayang akan tmbuh menjadi anak yang penuh sensasi, menghebohkan dan kadang memalukan. Karena apa? Karena mereka butuh diperhatikan.
Berikan kasih sayang yang tulus terhadap anak-anak anda. Damping mereka ketika belajar ataupun menonton TV, ajaklah mereka mengaji dan mengenal Rabbnya. Ucapkanlah kata-kata yang baik meskipun anda sedang marah, hati-hati dengan apa yang anda ucapkan. 

2.      Informasi

Pernah dengar istilah “Al ummu madrosatul ula” ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Dengan maraknya dunia maya, anak jadi kecanduan. Maka mulailah member informasi, pengetahuan dan pelajaran kepada anak dengan tidk bergantung pada internet. Berikan pengetahuan-pengetahuan itu drai membaca buku. Biasakan anak anda untuk tidak kecanduan gadget. Jangan biarkan mereka kehilangan dunia mereka karena alat canggih yang satu ini. 

3.      Oksigen

Oksigen ini buka hanya penting untuk pernapasan saja, oksgen juga dibutuhkan untuk peredaran darah dan berpikir. Anak yang kecanduan gadget cenderung ruang lingkupnya sedikit, sehingga pemasokan oksiigen pun tak sempurna. Sering kali biarkan mereka main di luar rumah. Biarkan ia bereksplorasi dengan tetap dibawah pengawasan. Bukan gadget yang membuat anak anda cerdas, melainkan eksplorasi otaknyalah yang menjadikan ia terus berpikir. Serta oksigen yang cukup sebagai pemasokan kinerja berpikirnya. Otak yang kekurangan pasokan oksigen akan mudah pusing dan migraine, sehingga paskan osigen itu harus tetap dijaga.
Sosialisasi juga penting untuk membentuk karakter kecerdasannya dalam bergaul, bagaimana menyelesaikan masalah dan menghadapi berbagai macam karakter  didunia nyat. Eksplorasi juga pentig untuk anak mengasah kecerdasan emosionalnya. Ketika mainan rusak atau susah di pakai, maka bagaimana cara anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. 

4.      Nutrisi

Nutrisi ini tak perlu mahal, yang penting menyehatkan. Nutrisi yang penting untuk otak adalah glukosa, yaitu makanan sehari-hari bagi otak dan makanan yang sangat bagus dikonsumsi adalah madu. Karena zat dalam madu adalah zat yang langsung diserap oleh otak tanpa perlu mengubahnya terlebih dahulu. Selain itu nutrisi ini juga terdapat dalam buah dan sayur. Biasakan anak anda untuk menyukai sayur, bukan makanan siap saji.
Anak yang mengonsumsi daging setiap hari dan yang mengonsumsi sayuran ternyata lebih sehat anak yang megonsumsi sayuran. Karena tubuh kita sangat memerlukan protein nabati lebih banyaK dibanding protein hewani yang hanya sedikit. Tak perlu mahal untuk sehat. Biasakan untuk tidak membiarkan anak jajan diluar, karena kita tak dapat menjamin keamanannya, terutama yang mengandung pemanis buatan, penyedap dan pewarna sintetis. Bila ingin lebih baik kita membuatnya sendiri, karena lebih aman dan terjamin. 

5.      Membaca dan Menghapal Al Qur’an

Hal ini sudah tak diragukan lagi. Bayi yang sering diperdengarkan ayat Al Quran akan cepat menangkap pelajaran dan cenderung cerdas dalam berpikir. Meski tak memaksa anak, memperdengarkannya saja sudah membantu untuk mencerdaskannya. Karena pada masa kecil 1-3 tahun anak mengalami masa golden age yaitu masa keemasa dalam berpikir. Dan inilah yang akan menjadi masa depannya. Maka biasakan anak anda mendengar lantunan Al Quran agar semakin dekat terhadap Robbnya. 
  

Mendoakan Anak


Anda tentu tahu jika doa orangtua itu sangat mekbul untuk anaknya. Bahkan doa jelek sekalipun. Pernah ada suatu kisah seorang hafidz Al Quran yang menamatkan hafalannya diusia 50 tahun. Usia yang sudah dibilang tak lagi muda bahkan sudah memasuki usia senja. Saat ditanya apa tips menghafal beliau mengatakan:

"Hal ini tak lepas dari doa orangtuaku yang tak pernah putus hingga akhir hayatnya,"

Dapat kita ambil pelajaran bahwa perlunya mendoakan anak untuk kebaikannya bahkan jauh hari sebelum anak itu lahir dan sampai kita menutup mata.  
 
Inilah beberapa tips untuk mencerdaskan anak anda, jangan lupa tetap berdoa agar anak anda menjadi anak yang sholih dan sholihah. Aamiin.
Back To Top