Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

DAMPAK BURUK DARI MALAS


            Penyakit yang satu ini sudah sangat kronis menyerang setiap orang. Bahkan tak sedikit yang pasrah ketika penyakit ini menyerang dengan tiba-tiba. Anda tahu apa penyakit ini? Penyakit ini bernama MALAS. Yah ... penyakit yang merenggut nyawa ribuan bahkan jutaan orang. Betapa tidak? Bila dimanja penyakit ini semakin merajai hati, membuat binasa para penderitanya. Malas ... ini juga tak jarang menjadikan hidup seorang menjadi tak sehat, orang yng cenderung malas sering terkena berbagai penyakit.  Dalam hal malas, Rosululloh telah menyinggung dalam sebuah hadist:
Nabi Muhammad SAW sangat tak menyukai umatnya mengumbar kata-kata ‘seandainya’. Bahkan, dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda,

 “Sesungguhnya, kalimat lau (seandainya) membawa kepada perbuatan setan.”

            Malas tiada obat yang ampuh selain dirinya sendiri, siapapun sangat membenci sifat pemalas namun kita sendiri pun malas.
Ada beberapa dampak malas ditinjau dari segi kesehatan:
‘bermalas-malasan’, kurang berolahraga, dan tidak tegap ketika mengemudi, menjadi penyebab utama orang menderita gangguan tulang belakang, kata para ahli bedah.
Banyak orang muda saat ini menderita gangguan bantalan (discs) tulang belakang, yang menekan urat saraf, sehingga menyebabkan banyak kasus nyeri punggung, leher, kaki, dan nyeri bahu,  kata Dr Abdul Karim Msaddi, Kepala Departemen Bedah Saraf dan Tulang Belakang di Rumah Sakit Syaraf  Tulang Belakang di Dubai, kepada Gulf News, Senin (21/4/2014), di sela-sela Kongres Ahli Tulang Belakang Negara-negara Arab di Emirates Towers.

“Ini bukan penyakit yang terkait dengan usia lagi,” katanya.

 Kurangnya latihan untuk memperkuat otot-otot perut, punggung, dan otot-otot leher, merupakan penyebab paling banyak gangguan tulang belakang.Dokter bedah mengatakan, duduk dan berdiri dalam waktu yang lama di tempat kerja dan obesitas, membuat berat badan menumpu secara tidak merata pada tulang belakang.

“Ini harga yang kita bayar untuk gaya hidup kita,” katanya. “Peningkatan aktivitas fisik tidak menunda penuaan, namun melindungi sistem Anda.”

Dr Msaddi memperingatkan, wanita usia muda yang sudah terkena osteoporosis (penyakit tulang yang membuat tulang lemah dan rentan mudah pecah) disebabkan kurangnya cukup paparan matahari.

“Kekurangan vitamin D (yang tubuh menyerap dari sinar matahari ) mempengaruhi orang-orang muda, bahkan laki-laki, ” katanya.

Dia merekomendasikan agar orang-orang terpapar sinar matahari pagi guna menyerap vitamin D, serta sebaliknya menghindari terkena sinar ultraviolet saat tengah hari.
Dokter bedah mengatakan, cedera dalam olahraga dan aktivitas jet ski air bisa menimbulkan cedera tulang belakang akibat gelombang ombak besar.

“Pengemudi truk besar dan pekerja konstruksi adalah kategori lain dari orang-orang bisa menderita cedera tulang belakang,” katanya. 

Hal ini terkait dari getaran yang kuat dari mesin truk berat yang mempengaruhi tulang belakang. Sedang pada pekerja konstruksi terkait pada kegiatan menarik dan mendorong secara terus-menerus yang memberikan tekanan pada tulang belakang.
Dr Walid Othman, konsultan ahli bedah ortopedi tulang belakang, mengatakan, tidak bersandar ketika mengemudi akan meningkatkan jumlah pasien muda dengan trauma tulang belakang.

“Jika Anda tidak mengenakan sabuk pengaman, kecelakaan akan membuat tiga kali lebih banyak kerusakan pada tulang belakang, dibandingkan dengan mereka yang memakai ikat pinggang,” katanya.

“Tidak ada kesempatan tulang belakang seseorang dapat diselamatkan dalam kecelakaan kecepatan tinggi jika dia tidak mengenakan sabuk pengaman,” katanya.

Dokter bedah mengatakan, setelah tulang belakang mengalami gangguan buruk, orang akan kehilangan rasa pada lengan dan kaki. Buang air besar juga tidak dapat dikontrol.
Dia menyarankan semua orang untuk mengeratkan sabuk pengaman ketika mengemudi, bahkan untuk perjalanan singkat ke masjid atau ke toko terdekat. “Kecelakaan mungkin terjadi sekali, tetapi akan berpengaruh untuk seluruh hidup Anda,” katanya memperingatkan.
Pemalas memliki sikap mental yang buruk dan sangat lemah, dia tidak akan tahan pada seitiap cobaan hidup yang menerpanya. Karena segala sesuatunya dianggap sulit dan berat. Malas tidak hanya membuat mental kita jadi *terbelakang, tetapi juga buruknya pengaruh fisik kita. Yang ujungnya akan membawa penyesalan pada diri kita sendiri.
Kebiasaan malas juga menjadikan kita bodoh serta tumpulnya sistem berpikir kita. Otak memiliki potensi cerdas, semkin diasah maka semakin tajam. Namun kemalasanlah yang akan menumpulkannya. Pernah mendengar kisah murid yang sangat bodoh hingga akhirnya ia mendapat petunjuk melalui batu yang berlubang karena tetesan air. Kemudian ia menjadi ulama besar. Itu disebabkan karena, kerasnya batu jika terus ditetesi air ia lambat laun akan berlubang. Begitu juga dengan otak kita, semakin terus diasah ia akan menjadi lebih tajam.  Dimana ada kemauan disitu ada jalan.
Sifat malas akan membawa kita kepada jurang kehancuran, oleh karena itu kita harus bisa memeranginya.

Back To Top