Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

FAKTA TERUNGKAP!!! INILAH MANFAAT MENGAJARKAN BERENANG PADA ANAK

Berenang menjadi aktivitas yang mengasyikkan begi sebagian orang, selain dapat menjernihkan kembali pikiran berenang adalah salah satu refreshing yang menyenangkan. Maka tak heran jika pantai selalu dijejeli oleh para pengunjung di musim liburan. Ternyata berenang ini juga termasuk sunnah Rosululloh SAW loo sobat:


عن بكر بن عبد الله بن ربيع الأنصاري ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : عَلِّمُوا أَبْنَاءَكُمْ السِّبَاحَةَ وَالرِّمَايَةَ، وَنِعْمَ لَهْوُ المُؤْمِنَةِ فِي بَيْتِهَا المِغْزلِ، وَإِذَا دَعَاكَ أَبَوَاكَ فَأَجِبْ أُمَّكَ
أخرجه ابن منده وأبو موسى.
Dari Bakar bin Abdillah bin Rabi’ al-anshari berkata :berkata Rasulullah SAW. “Ajarilah anak anakmu berenang dan melempar lembing, termasuk juga perempuan perempuan di rumahnya menenun, dan apabila kedua orangtuamu memanggil maka utamakan ibumu”. 
            Dari hadist di atas, Rosululloh SAW menganjurkan kita untuk mengajarkan pada anak-anak untuk berenang. Apa manfaat berenag yang terkandung pada hadist diatas? Mari kita bongkar bersama:
Hasil penelitian di Melbourne, Australia, menunjukkan, secara statistis IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi ketimbang anak-anak yang tak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Anak-anak tersebut diukur IQ-nya ketika mereka berusia 10 tahun. Tak hanya itu, pertumbuhan fisik, emosional dan sosialnya pun lebih baik. Selain yang telah disebutkan manfaat lain dari berenang adalah sebagai berikut:

- Membantu mengenalkan olahraga air, dan mengurangi rasa takut akan air ketika ia tumbuh dewasa.

- Olahraga memerlukan seluruh otot motorik sehingga membantu pertumbuhan otot si kecil, dan olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

- Mengasah kemandirian, keberanian dan kepercayaan diri serta membantu anak agar tumbuh lebih kuat. Melalui berenang, bayi akan belajar mempertahankan diri ketika ia berenang (karena salah satu fitrah manusia adalah mempertahankan diri), selain itu bayi juga belajar meraih sesuatu ketika ia berenang dengan cara dipancing dengan menggunakan bola atau semacamnya sehingga ia dilatih untuk mandiri.

- Berenang bersama-sama di kolam renang bersama orangtua juga bisa mempererat hubungan anak dan orangtua, dan juga meningkatkan kebersamaan serta kemampuannya beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang lain.

            Berenang adalah salah satu olah raga pembentuk badan ideal. Seseorang tak akan terkena penyakit obesitas bila rutin berenang. Berenang mampu mebakar lemak-lemak menjadi energi, karena berenang memerlukan banyak energi dan kalori. Disamping itu berenang juga dapat menurunkan kadar stress seseorang sehingga lebih terlihat bugar dan siap mengahadapi masalah.
            Berenang juga dapat menjadi terapi yang baik bagi yang memiliki masalah pada punggung. Seseorang yang rutin melakukan berenang akan menjadikannya cepat tinggi, karena perenggangan otot terjadi terus menerus, sehingga anda tumbuh tinggi. Tak hern jika para perenang memiliki postur tubuh yang indah juga tinggi. Berenang juga mampu menguatkan otot-otot sehingga baik untuk ibu hamil.  Kolam renang akan membantu memperkuat kedua otot yaitu otot perut dan otot bahu. Oleh karena itu, berenang adalah bentuk olahraga yang sangat berguna untuk wanita hamil. Latihan dalam air ini akan meredakan nyeri sendi dan ketidaknyamanan lainnya yang berhubungan dengan kehamilan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Melpomene Institute of Minneapolis telah mengkonfirmasikan bahwa berenang bagi wanita hamil akan mengurangi kerentanan terhadap keguguran jika dilakukan secara teratur . Sebaiknya untuk wanita hamil menggunakan cara berenang yang baik atau dipandu oleh instruktur renang. 
            Bagi para manula berenang ini mampu menguatkan kembali otot-otot yang sudah kendur karena usia. Menjaga stamina tubuh yang sering sakit karena menurunnya imunitas tubuh. Serta dapat menghilangkan stress yang terjadi karenausia senja. Meremajakan lagi otot-otot yang sempat melemah. 
            Manfaat besar dari berenang ini sudah dinyatakan oleh Rosululloh SAW 20 abad tahun yang lalu sebelum adanya teknologi. maka tak ada yang sia-sia dibalik sunnah.  




Back To Top