Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

Pengertian, Fungsi, Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

FOTOSINTEISIS

1.Pengertian fotosintesis


Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan dari komponen sederhanan yang dilakukan oleh tumbuhan outotrof (tumbuhan yang dapat membuat makanan nya sendiri ).
Fotosintesi berasal dari kata foton yang berarti cahaya sintesis artinya penyusun jadi fotosintesis juga diartikan dengan proses biokimiawi yang dilakukan oleh tumbuhan untuk menghasilkan energi (nutrisi ) dengan memanfaatkan energi cahaya matahari .
Daun adalah komponen yang terpenting dalam proses fotosintesis karena pada daun terdapat klorofil ( zat hijau daun ) , klorofil inilah yang akan menyerap energi matahari sehingga dapat di manfaatkan untuk menhghasilkan energi .
Selain menghasilkan energi tumbuhan dapat menghasilkan oksigen karena dari itu tumbuhan sangat berperan penting bagi kehidupan organik di bumi .

2.Fungsi fotosintesis


a.Memproduksi glukosa sebagai sumber energi utama bagi tumbuhan , glukosa ini akan membentuk lemak dan protein zat – zat inilah yang akan menjadi sumber makanan manusia dan hewan .

b.Proses fotosintetis dapat membersihkan udara karena tumbuhan akan menyerap karbondioksida dan akan menghasilkan oksigen .

3.Proses fotosintetis


Dalam proses fotosintetis harus menggunakan empat bahan sebagai berikut :

a.Karbondioksida
b.Air
c.Cahaya matahari
d.Klorofil

Perhatikan bagan berikut agar lebih mudah untuk memahaminya
6CO2      +     6H2O cahaya     C6H12O6    +    6O2
Karbondioksida    Air  klorofil   Glukosa     Oksigen

Penjelasan :
Karbondioksida akan diambil oleh stomata( mulut  daun ) pada tumbuhan dari udara bebas kemudian air diambil melalui akar tumbuhan dan diangkut oleh pengangkut pada tumbuhan kemudian cahaya matahari akan di ambil oleh klorofil semua proses ini akan membentuk suatu reaksi dan menghasilkan oksigen serta glukosa setelah terdapat glukosa akan di ubah menjadi lemak protein dan nutrii lainnya .

4.Tahap – tahap reaksi fotosintesis

 

a.Reaksi terang


Dikatakan reaksi terang karena dalam proses reaksi ini membutuhkan cahaya matahari , reaksi ini terjadi di salah satu ruang kosong pada kloroplas yang disebut membran tilakoid . Dalam eaksi terang klorofil akan menyerap cahaya matahari energi yang di dapat dari cahaya matahari akan digunakan untuk memecah molekul air menjadi molekul oksigen dan hidrogen . Reaksi ini disebut sebagai fotolisis dan dapat digambarkan sebagai berikut 2H2O     2H2 + O2 

b.Reaksi gelap

Reaksi ini tidak bergantung pada cahaya matahari didalam proses reaksi ini karbondioksida dirubah menhjadi glukosa . Reaksi gelap ini terjadi pada bagian stroma kloroplas .  Reaksi gelap ini hanya akan terjadi setelah reaksi terang .

5.Faktor – faktor yang mempengaruhi fotosintesis


a.Faktor internal

Faktor internal adalah faktor yang berasala dari tumbuhan itu sendiri artinya setiap tumbuhan yang berbeda jenisnya walaupun hidup di dala keadaan lingkungan yang sama akan berbeda pula reaksi fotosintetisnya .

b.Faktor eksternal


1.Kandungan air dan mineral
Air merupakan salah satu bahan baku yang digunakan dalam fotosintesis jadi semakin banyak air yang ada di dalam tanah maka akan semakin bagus reaksi kimia yang akan terjadi .

2.Temperatur
Fotosintesis sangat tergantung pada enzim sedangkan kerja enzim sangat di pengaruhi oleh suhu , enzim tidak bisa bekerja jika suhu kurang dari 5 derajat celcius dan tidak bisa diatas 50 derajat celcius  . Suhu terbaik untuk melakukan proses  fotosintesis adalah sekitar 28 – 30 derajat celcius .

3.Kandungan CO2 di udara
Kandungan CO2 di udara sekitar 0.03 persen seamakin banyak CO2 maka akan semakin baik reaksi yang terjadi .

4.Kandungan O2
Jika kandungan O2 di udara dan didalam tanah terlalu renadah maka akan menghambat reperasi tumbuhan .
Tag : PENDIDIKAN, SMP
Back To Top