Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN


    Pertumbuhan adalah proses pertambahann ukuran yang tidak dapat kembali ke asal ( irriversible) yang meliputi bertambahnya volume , tinggi dan massa .
Pertumbuhan adalah perubahan mahluk hidup menuju kedewasaan secara seksual yang di awali dari perkembangan zigot .
Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua proses yang berjalan secara sejajar dan berdampingan jadi proses pertumbuhan dan perkembangan tidak dapat dipisahkan satu sama lain .

Faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkebangan adalah sebagai berikut :

1.Faktor dalam ( internal )


a.Gen
Gen adalah subtansi atau materi pembawa sifat yang di turunkan oleh induk . 
Gen mempengaruhi ciri dan sifat mahluk hidup . Hewan tumbuhan dan manusia jika memiliki gen tumbuh yang baik akan tumbuh dan berkembang sangat cepat sesuai dengan periode pertumbuhan dan perkembangannya .

b.Hormon 
Hormon adalah zat yang berfungsi untuk mengendalikan berbagai fungsi didalam tubuh .

Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada mahluk hidup ada beberapa jenis nya yaitu

1.Hormon pada tumbuhan
Hormon pada tumbuhan sering disebut fitohormon atau zat pengatur .
Beberapa diantaranya yaitu :
a.Auksin
Auksin adalah hormon yang bersal dari titik tumbuh tumbuhan seperti ujung tunas , kambium , bunga , buah dan ujung akar . Auksin berfungsi untuk memacu perpanjangan sel , merangsang pembentukan bunga , buah dan mengaktifkan kambium untuk membentuk sel – sel baru .
b.Sitokinin
Sitokinin memacu pembelahan sel serta mempercepat pertukan akar dan tunas 
c.Giberelin
Giberelin terdapat hampir semua bagian tanaman seperti biji , daun muda dan akar . Merangsang pembelahan dan pembesaran sel serta merangsang perkecambahan biji. Pada tumbuhan tertentu, giberelin dapat menyebabkan munculnya bunga lebih cepat.
d.Etilen
Etilen ini dihasilkan oleh buah yang sudah tua tetapi masih berwarna hijau yang disimpan dalam kantung tertutup agar cepat masak .  Etilen ini berperan untuk menghambat perpanjangan batang , mempercepat penuan buah dan daun .
e.Asam absisat
Asam absisat adalah hormon yang mengambat pertumbuhan tumbuhan .
Hormon ini sangat dibutuhkan pada saat lingkungan tidak baik .

2.Hormon pada hewan
Beberapa hormon pertumbuhan pada hewan adalah sebagai berikut :
a.Tiroksin
Tiroksin mengendalikan pertumbuhan pada hewan , pada katak hormon ini merangsang dimulainya metamorfosis .
b.Somatomedin mempengaruhi bpertumbuhan tulang .
c.Eksidon dan juvenil
Mempengaruhi perkembangan fase larva dan fase dewas khusus nya hewan invertebrata

3.Hormon pada manusia
Hormon yang dihasilan oleh kelenjar endokrin atau kelenjar buntu , yaitu suatu kelenjar yang tidak mempunyai saluran .
Beberapa hormon pada manusia adalah sebagai berikut :
a.Tiroksin
Tiroksin dihasilkan oleh kelenjar tiroid atau gondok  ,  hormon ini mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan metabolismekarbohidrat didalam tubuh . kekurangan hormon ini dapat menyebabkan kegemukan atau mixoedema .
b.Hormon pertumbuhan ( Growth hormon  - GH )
Hormon ini dihasilkan oleh hipofisis bagian depan . Hormon ini juga disebut sebagai hormon somatotropin , peran nya adalah mempengaruhi  kecepatan pertumbuhan pada seseorang . Jika pada masa pertumbuhan kelebihan hormon ini akan mengakibatkan gigantisme ( raksasa ) , jika kekurangan hormon ini akan menyebabkan krentisme ( kerdil ) .


c.Testosteron
Mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya tanda – tanda kelamin skunder pada pria .
d.Estrogen atau progesteron 
Mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya tanda – tanda kelamin skunder pada wanita .

2.Faktor luar ( eksternal )

Faktor luar yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup adalah berasal dari lingkungan .
Beberapa faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan adalah sebagai berikut :
a.Makanan dan nutrisi
Makanan merupakan sumber bahan baku dan sumber energi dalam proses metabolisme tubuh ,  saat dalam masa pertubuhan kamu harus cukup makan makan yang bergizi yang mendukung pertumbuhan dan perkembanganmu .
Zat gizi yang dibutuhkan oleh manusia dan hewan adalah protein , karbohidrat , vitamin , lemak dan mineral sedang gizi yang dibutuhkan oleh tanaman adalah berupa air dan zat hara yang terlarut didalam air .

b.Suhu
Semua mahluk hidup memerlukan suhu yang sesuai untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan . suhu tubuh manusia yang normal kira – kira 370 C  . Hewan dan manusia memiliki kemapuan untuk bertahan hidup dalam kisaran suhu tertentu  .

c.Cahaya
Cahaya sangat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan mahluk hidup , tumbuhan sangat membutuhkan cahaya matahari untuk berfotosintesis  namun keberadan cahaya juga dapat memnghambat pertumbuhan karena cahaya dapat merusak auksin yang terdapat diujung batang  .

d.Air dan kelembapan
Air sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup tanpa air mahluk hidup tidak akan bisa hidup . Air merupakan tempat reaksi nya kimia – kimia didalam tubuh .

e.Tanah
Bagi tumbuhan tanah berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya .

A.Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Perkembangan pada tumbuhan diawali dengan fertilisasi. Pada awal perkembangannya, embrio mendapatkan makanan dari kotiledon. Kotiledon terdapat pada biji tumbuhan tingkat tinggi. Tumbuhan dikotil memiliki dua kotiledon, sedangkan monokotil memiliki satu kotiledon. Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi di meristem ( titik tumbuh ) yang terletak pada ujung akar dan batang . Aktivitas jaringan meristem akan menghasilkan pola pertumbuhan yang berbeda bila dibandingkan dengan meristem dikambium oleh karena itu pertumbuhan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :

1.Pertumbuhan primer
Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas jaringan meristem primer atau disebut juga mestrim apikal , jaringan meristim ini terdapat di ujung akar dan ujung batang  .
Pada titik tumbuh pertumbuhan terjadi beberapa tahap karena itu daerah pertumbuhan dapat dibedakan menjadi tiga yaitu :
a.Daerah pembelahan
Daerah ini terletak di bagian paling ujung . Daerah inilah yang disebut daerah meristematis karena di daerah ini sel – sel baru terus dihasikan melalau proses pembelahan sel .

b.Daerah pemanjangan
Daerah pemanjangan terletak di belakang daerah pembelahan . Di daerah ini sel – sel yang dihasilkan dari pembelahan akan tumbuh .

c.Daerah diferensiasi
Sel – sel yang telah tumbuh mengalami perubahan bentuk dan fungsi , sebagian sel mengalami diferensiasi menjadi epidermis , xilem , korteks dan floem , sebagian lagi membentuk parenkim , kolenkim dan skelenkim .

2.Pertumbuhan skunder
Pertumbuhan skunder disebabkan oleh  aktivitas jaringan merestim skunder .
Contoh jaringan merestim skunder adalah jaringan kambium pada batang dikotil dan Gymnospermae . Tumbuhan monokotil tidak mempunyai kambium jadi tidak mengalami pertumbuhan skunder .

B.Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan

Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan terjadi diseluruh bagian tubuh berbeda dengan tumuhan yang hanya dibagian tertentu saja .
Pertumbuhan  dan perkembangan pada hewan diawali sejak terbentuknya zigot dari proses pembuahan dan terus terjadi hingga hewan mencapai usia dewasa .
Pertumbuhan dan perkembangan dibedakan menjadi dua fase yaitu :

1.    Fase embrionik
Fase embrionik adalah pertumbuhan dan perkembanganyang di mulai dari zigot hingga terbentuknya embrio sebelum lahir atau menetas .
Zigot mengalami perkembangan beberapa tahap yaitu ;
a.    Pembelahan zigot terjadi secara mitosis
Yaitu dari satu sel menjadi dua sel , dua sel menjadi empat sel , dan seterusnya hingga menjadi tiga puluh dua . Pembelahan terus berlanjut sehingga terbentuk rongga di bagian dalam yang disebut blastosol fase ini disebut fase blastula .
b.    Gastrula
Merupakan hasil hasil pertumbuhan dan perkembangan blastula yang ditandai dengan terbentuknya tiga lapisan embrionik yaitu lapisan bagian luar ( ektoderm) , lapisan bagian tengah ( mesoderm ) , lapian bagian dalam ( endoderm ) ketiga lapisan ini yang nantinya akan menjadi organ .
c.    Orgonogenesis
Merupakan proses pembentukan berbagai organ tubuh yang berkembang dari tiga lapisan saat prose gastrulasi , organ yang terbentuk dari tiga lapisan ini adalah sebagai berikut :
a.    Ektoderm berkembang menjadi rambut , kulit , sisitem saraf dan indra
b.    Mesoderm berkembang menjadi otot , rangka , alat reproduksi , alat peredaran darah , alat ekskresi .
c.    Endoderm berkembang menjadi alat pencernaan dan alat pernafasan .

2.    Fase pascaembrionik
Fase pascaembrionik dimulai ketika hewan lahir atau menetas , namun dengan demikian pertumbuhan dan perkembangan antara bagian tubuh yang satu dengan bagian tubuh lainnya kecepatannya tidak sama . Pertumbuhan ini tidak terjadi secara terus – menerus melainkan berhenti hingga mencapai usia tertentu .


C.Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia

Bertambahnya berat badan tinggi badan inilah yang disebut tumbuh sedangkan perubahan tingkah laku , atau kejiwaan inilah yang disebut berkembang .
Pubertas adalah perubahan menjadi dewasa yang ditandai adanya perubahan fisik dan emosional ( psikis ) . Pada masa ini telah mencapai kematangan seksual yaitu sistem reproduksi telah mampu mebuat sel – sel kelamin ( gamet ) .
Gejala pubertas dapat di tinjau secara fisik dan psikis yaitu :
1.    Pubertas secara fisik
Perubahan secara fisik dapat dilihat dari perubahan fisik  meliputi perubahan tanda kelamin primer dan skunder .
a.    Secara primer
Organ kelamin telah mampu memproduksi sel – sel kelamin .  Laki – laki mulai menghailkan sperma di dalam testis , perempuan mulai menghasilkan sel didalam indung telur .  Organ kelamin mulai berfungsi pada remaja laki – laki mengalami mimpi basah yang mengeluarkan sperma atau air mani pada perempuan mengalami menstruasi yang pertama kali

b.    Secara skunder
Pada remaja laki – laki pubertas ditandai dengan sebagai berikut :
1.    Mulai tumbuh jakun
2.    Perubahan suara menjadi lebih besar dan berat
3.    Tumbuh kumis atau jenggot
4.    Tumbuh rambut di dada , kaki , ketiak , dan disekitar organ kelamin
5.    Mulai tampak otot – otot yang yang lebih besar dan menonjol
6.    Bahu melebar melebihi pinggul
7.    Perubahan jaringan kulit menjadi lebih kasar dan pori – pori tampak lebih besar
8.    Kadang – kaang diikuti dengan munculnya jerawat di daerah muka

Pada remaja perempuan pubertas ditandai sebagai berikut :
1.    Membesarnya payudarah
2.    Pinggul melebar
3.    Tumbuhnya rambut di ketiak dan di daerah sekitar organ kelamin
4.    Suara lebih nyaring
5.    Kadang – kadang diikuti munculnya jerawat di daerah muka
6.    Perubahan proposi tubuh


2.    Perubahan pubertas secara psikis
Pada masa pubertas juga terjadi perubahan hormonal yang mempengaruhi kondisi psikologis dan tingkah lakunya .
Ciri – ciri pubertas secara psikis  :
a.    Mencari identitas diri
Dalam usaha mencari identitas diri , remaja sering menentang kemapanan karena di rasa membelenggu kebebasannya .

b.    Mulai tertarik pada lawan jenis
Masa remaja adalah masa persiapan menuju dewasa .
Tag : PENDIDIKAN, SMP
Back To Top