Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

BENTUK-BENTUK PERMUKAAN BUMI BESERTA PENJELASAN DAN PENGERTIANNYA



PERMUKAAN BUMI


Bentuk – bentuk permukaan bumi ini terdiri dari daratan dan lautan ( perairan ) , kurang dari 1/3 permukaan bumi ini berbentuk daratan dan lebih dari 2/3 bumi ini berbentuk perairan .
Bentuk permukaan bumi ini tidak tetap melaikan suka berubah – ubah hal ini terjadi karena di sebabkan oleh tenaga endogen dan eksogen kedua tenaga ini merupakan tenaga tektonik yang mempengaruhi relief permukaan bumi dari masa ke masa .


1.Bentuk permukaan bumi daratan .


Daratan adalah suatu wilayah yang ada di atas permukaan bumi . Ada banyak sekali bentuk – bentuk permukaan bumi daratan di  antaranya adalah :


a.Pegunungan


Pegunungan adalah kumpulan gunung – gunungyang saling berdekatan dan disebut juga gugusan gunung  .  Pegunungan di bedakan menjadi dua yaitu pengunungan tinggi yang ketinggiannya dapat mencapai 15.00 meter di atas permukaan laut dan pegunungan rendah yang ketinggiannya 500 – 15.00 meter


b.Gunung


Gunung adalah permukaan bumi berupa bukit – bukit yang ketinggiannya lebih dari 15.00 meter  . Ada dua jenis gunung yaitu gunung aktif yang di sebut gunung berapi dan gunung tidak aktiv .


c.Perbukitan/bukit


Perbukitan/bukit adalah suatu wilayah yang memiliki ketinggian antara 200 – 500 meter  di atas permukaan laut , bentuk perbukitan hampir sama dengan pegunungan tetapi  perbukitan lebih rendah .


d.Dataran rendah


Dataran rendah mempunyai ketinggian lebih rendah dari pada dataran tinggi .
Dataran rendah biasanya di pergunakan untuk pengembangan sistem perekonomian wilayah , kegiatan perekonomian yang berkembang cukup pesat di dataran rendah adalah sektor agraris ( pertanian ) .


e.Dataran tinggi ( plato )


Dataran tinggi adalah dataran luas dan terletak pada ketinggian tertentu , plato terbentuk karena hasil dari erosi dan sedimentasi .
Dataran tinggi mempuyai ketinggian 500 – 1.500 meter .


f.Daerah pesisir pantai


Pesisir pantai adalah tempat bertemunya wilayah daratan dan lautan .

Di pesisir pantai sering di temukan bermacam – macam bentukan muka bumi :


a.Tanjung
Tanjung adalah wilayah daratan yang menjorok ke arah lautan lepas .
Jika ukurannya sangat luas di sebut semenanjung

b.Teluk
Teluk yaitu laut yang bentuknya cekung ke arah daratan

c.Delta
Delta yaitu wilayah daratan luas di dekitar muara sungai , delta terbentuk karena adanya proses sedimentasi jangka lama .


2.Bentuk permukaan bumi lautan


Permukaan bumi lautan adalah suatu wilayah yang di tutupi oleh perairan , bentuk permukaan air laut ini tidak bisa kita lihat secara langsung karena letaknya berada sangat dalam di lautan .
Jenis – jenis permukaan laut :

a.Dangkalan / paparan benua

Dangkalan adalah permukaan laut yang sangat luas dengan kedalaman yang kurang dari 200 meter .

b.Ambang laut

Ambang laut adalah permukaan daratan laut dangkal dan sebagai pemisah antara dua buah laut dalam .

c.Punggung laut

PunggunG laut adalah bentuk permukaan laut yang menyerupai bukit tetapi tidak muncul hingga kepermukaan laut .

d.Gunung laut

Gunung laut adalah bentuk permukaan bumi yang menyembul di dalam laut . Gunung laut ini sama seperti yang ada di daratan yang memiliki dua jenis gunung yait gunung aktiv dan gunung tidak aktiv .

e.Pulau karang

Pulau karang adalah bentuk permukaan laut yang berbentuk seperti pulau yang terdiri dari batuan karang yang sangat banyak

f.Lubuk laut ( beken )

Lubuk laut merupakan permukaan laut yang memiliki seperti bentuk cekungan besar dan lebar yang sangat dalam .

g.Palung laut ( trog )

Palung laut adalah permukaan laut yang paliing dalam bentuknya sempit , gelap dan memanjang ke bawah menyerupai huruf V .
Tag : PENDIDIKAN, SMP
Back To Top