Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

PENGERTIAN METAMORFOSIS SEMPURNA DAN METAMORFOSIS TIDAK SEMPURNA

METAMORFOSIS SEMPURNA 

Metamorfosis sempurna atau yang dikenal dengan istilah holometabola adalah bentuk perubahan bentuk yang taerjadi pada serangga dimana bentuk hewan muda berbeda dengan hewan dewasa bahkan biasanya keduanya memilikicara makan dan habitat yang berbeda . Berikut adalah tahapan - tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada metamorfosis sempurna :

a. Fase telur 

Hewan betina akan meletakan telurnya di tempat yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan calon anaknya . Contohnya seperti kupu -kupu yang meletakan telur - telurnya di permukaan daun karena ketika saat menjadi larva atau hewan muda merupakan hewan yang memakan tumbuhan .
Pada fase ini embrio hasil dari fertilsi sel telur dengan sel sperma akan terus mengalami pembelahan untuk membentuk organ - organ sampai pada waktu yang tertentu tergantung pada jenis spesies nya .

b. Fase larva 

Larva hewan yang memiliki eksoskleton ( rangka luar ) seperti pada serangga akan mengalami proses pergantian kulit yang bisa di sebut molting atau eksdisis . Hal ini di sebabkan karena ukuran tubuh hewan akan membesar maka akan di butuhkan eksoskleton yang lebih besar .Pergantian kulit ini dapat terjadi beberapa kali dan padawaktu yang tepat larva akan berhenti makan dan masuk ke fase yang berikutnya .

c. Fase pupa 

Pupa atau kepompom merupakan fase transisi di mana tubuh kepompom dilindungi dengan rangka luar yang keras yang di sebut dengan kokon . Dibalik kokon tubuh pupa sangat aktiv dalam proses metabolisme  pembentukan organ - organ dan bentuk hewan dewasanya . Pada fase pupa ini hewan memerlukan waktu yang bervariasi .

d. Fase dewasa ( imago )

Sampai waktu yang telah di tentukan pupa akan keluar dari kokon dan pada saat keluar itu lah pupa menjadi hewan dewasa dengan bentuk tubuh yang berbeda .Pada fase ini imago memiliki cara makan yang berbeda dengan saat dia menjadi larva . Fase imago merupakan fase reproduksi dimana antara hewan dewasa akan melakukan pekawinan ( Jantan dan Betina ) .
Contoh serangga yang mengalami metamorfosis sempurna :
1. Kupu - kupu
2. Nyamuk
3. Semut
4. Lebah
5. Lalat
6. Ngengat
7. Undur - undur
8. Lalat gergaji
9. Kalajengking terbang

METAMORFOSIS TIDAK SEMPURNA 

Metamorfosis tidak sempurna atau hemimetabola  adalah perubahan bentuk yang tidak mengalami fase pupa.
Pada pertummbuhan dan perkembangan hemimetabola mempunyai bentuk tubuh yang sama hanya ukuran dan tingkat kematangan reproduksinya yang berbeda . Berikut adalah tahapan - tahapan pertumbuhan dan perkembangan pada metamorfosis yang tidak sempurna :

a. Telur 

Seperti seranga - serangga lainnya telur di letakan pada tempat yang sesuai dan aman untuk perkembangan embrio . Embrio - embrio ini di lindungi dengan struktur telur yang bercangkang zat kiitin . Hingga pada waktunya telur - telur akan berubah menjadi nimfa .

b. Nimfa 

Fase ini berbeda dengan holometabola , hemimetabola langsung memiliki bentuk tubuh hewan yang sesungguhnya tetapi nimfa ukurannya lebih kecil . Nimfa akan mengalmi pertumbuhan dan perkembangan untuk mematangkan organ reproduksinya . Nimfa juga mengalami proses eksdisis untuk mengganti kerangka luar tubuhnya akibat pertumbuhan yang membuat tubuh semakin besar .

c.  Imago

Fase imago merupakan fase reproduksi dimana hewan dewasa akan mengadakan perkawinan yang akan membentuk ratusan telur - telur dan akan mengulangi siklusnya .
Contoh hewan yang mengalami metamorfosi tidak sempurna :
1. Belalang
2. Kecoa
3. Jangkrik
4. Rayap
5. Capung
6. Serangga sisik
7. Kutu daun
8. Walang
Back To Top