Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

MANFAAT BUAH PISANG AMBON UNTUK KESEHATAN IBU HAMIL

Manfaat Pisang Ambon

Siapa yang tak kenal buah yang satu ini. Buah ini sering dikatakan buah rakyat, karena buah ini  dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.buah yang memiliki nama latin Musa paradisiacal, selain juga harganya lebih terjangkau, juga mudah didapat. Dan pohonnya dapat tumbuh dimana saja. Buah ini adalah buah pisang, hemz … disebutkan namanya saja pasti sudah terbayang bentuknya yang mungil berwarna kuning dan rasanya manis.

Tak jarang buah ini juga digemari semua orang bahkan sebagai menu wajib disetiap hidangan. Buah ini bisa dimanfaatkan di semua bagiannya looo … daunnya bisa digunakan untuk membungkus kue, pepes dan makanan, batangnya bisa untuk makan ayam ketika musim kemarau karena mengandung banyak air. Sedang buahnya bisa dimakan secara langsung, tekstur buahnya yang lembut emudahkan kita untuk memakannya. Bahkan tak jarang pula pisang ini dijadikan makanan pendamping asi uat anak bayi.

Ternyata buah pisang ini juga salah satu buah – buahan yang disebutkan dalam Al Quran. Sebagai salah satu buah – buahan yang disediakan disurga. Lihat ayat berikut:


"Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)," (QS. Al-Waqi'ah : 29)


Apa sebenarnya manfaat buah ini sehingga Alloh mencantumkannya didalam Al Quran dan menjadikannya sebagai salah satu buah – buahan surga. Yuuuk kita dalami :


1.  Baik untuk ibu hamil

Buah yang satu ini baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena sangat membantu untuk tumbuh kembang bagi sijanin yang dikandungnya dengan bantuan zat yag terkandung didalam buah pisang tersebut yaitu kalium dan asam folat.


2. Mengatur berat badan.

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih pisang adalah salah satu diet alami yang bisa anda lakukan selain sehat buah ini tak memiliki resiko yang berbahaya bagi tubuh. Penggunaan obat – obat pelagsing tubuh dapat mengakibatkan kerusakan dalam sistem pencernaan serta serat – serat makanan menjadi tidak dapat dierap secara optimal. Pisang adalah salah satu alternativnya karena pisang mengandung jumlah kalori yang relative kecil.


3. Mengatasi sembelit

Serat yang terkandung dalam pisang apat melancarkan pencernaan vitamin dan nutrisi yang terkandung didalamnya dapat menjadikan penyerapan sari – sari makanan menjadi lebih optimal sehingga anda tidak terkena sembelit akibat kurang serat. Konsumsi pisang sebelum anda makan, ingat jangan makan buah setelah makan.

Mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu kinerja sistem pencernaan anda lebih baik lagi. Sehingga berbagai nutrisi dari makanan yang anda konsumsi dapat di serap dan digunakan oleh tubuh secara optimal pula.


4. Mencegah tekaan darah tinggi dan stroke

Buah yang satu ini kaya akan potassium, yaiutu zat yang membantu sirkulasi oksigen sehingga dapat melancarkan peredaran darah menuju otak. Dengan ini anda bisa terhindar dari penyakit hipertensi dan stroke.

5. Menjaga kesehatan jantung

Buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel. Pisang kaya akan kandungan potassium dengan kadar potasium mencapai 400mg di dalam pisang yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk tetap dapat menjaga kesehatan jantung.

6. Sebagai sumber energy.

Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Mengkonsumsi 2 buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivtas sehari-hari. Saat aktivitas harian meningkat, konsumsilah buah pisang. Ini bertujuan agar tubuh tidak cepat capek maupun lelah di padatnya aktivitas atau pekerjaan anda.

7. Menyembuhkan jerawat.

Anda punya masalah dengan jerawat? Sudah mencoba banyak obat namun tetap muncul. Pisang bisa menjadi alternativnya . Cara menggunakan buah pisang untuk mengobati jerawat yaitu, pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

8. Menghaluskan wajah

Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Seperti cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

9. Mengatasi diabetes

Bagi ada yang menderita penyakit diabetes pisang bisa jadi alternativnya, dengan mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.


10. Menyeimbangkan cairan pada tubuh

Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang semua kinerja organ tubuh. Agar kinerja metabolism didalam tubuh dapat menjadi lebih optimal.  Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.


11. Mengobati sakit magh

Penyakit yang satu ini adalah salah satu penyakit yang terbanyak diderita pada manusia pada umumnya. Penyakit magh ini banyak penyebabnya yang paling menonjol adalah tidak teraturnya pula makan, ada yang karena keturunan, ada yang karena pikiran. Rasanya sungguh menyiksa karena perut merasakan mual yang hebat disertai rasa sakit pada lambung, namun apabila diberi makanan perut terasa sakit. Obat – obatan kimia dapat menimbulkan efek samping dikemudian hari. Namun ada solusi herbal untuk penyakit ini yaitu dengan pisang. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.

12. Mengatasi anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah ini bisa disebabkan karena kurangnya pasokan zat besi dalam tubuh. Mata terlihat pucat, pandangan menjadi berkunang – kunang dan seing pingsan. Untuk itu tubuh perlu pasokan zat besi yang cukup. Dan pisang bisa menjadi solusinya. Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

13. Menyehatkan tulang

Tulang adalah organ yang terpenting bagi tubuh ana tanpa adanya tulang anda tak mampu berdiri tegak. Anda sama saja dengan sehelai kertas, namun tulang disini juga perlu dijaga kesehatannya agar tetap kuat. Mengingat dewasa ini banyak penyakit yang menyerang tulang akibat salah pola hidup. Seperti reumatik, osteoporosis, kifosis,lordosis, skoliosis dan lain lain. Buah pisang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

14. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung disebabkan karena penumbatan pembuluh darah yang membawa aliran darah kaya akan oksigen menuju jantung, disebabkan oleh penumpukan lemak didalam tubuh.Buah pisang ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karena buah pisang mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi untuk kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh dalam membantu


15. Mengurangi resiko diabetes tipe II

Buah pisang digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetestipe II, memperkuat sistem saraf tubuh, membantumenurunkan berat badan, serta membantu memproduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.


16. Obat nyeri saat haid

Bagi wanita nyeri pada saat haid itu sangatlah menyiksa tak jarang ada yang sampai pingsan ada solusi mudah bagi anda yang mengalami nyeri ketika haid. Perbanyak mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat mungkin berkurang.

Nah … inilah serangkaian manfaat besar dari buah pisang. Maka tak heran bila buah ini dijadikan salah satu hidangan disurga kelak. Semoga kita tak hanya dapat merasakan buah ini didunia saja kawan. Aamiin.
Back To Top