Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DAN BAGIAN-BAGIAN PENCERNAAN MANUSIA

SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA


Sistem pencernaan merupakan sistem yang memproses makanan dan menyerap sari makanan yang berupa nutrisi – nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh .  Zat makanan yang dicerna akan di serap oleh tubuh dalam bentuk yang sederhana .  Proses pencernaan pada manusia dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :

1.Proses pencernaan secara mekanik

Yaitu prosses perubahan pada makanan dari bentuk besar atau kasar menjadi kecil dan halus  . pada manusia proses pencernaan mekanik ini menggunakan gigi .

2.Prosses pencernaan secara kimiawi  ( enzimatis )

Yaitu proses perubahan makanan dari zat yang kompleks menjadi zat – zat yang lebih sederhana dengan menggunakan enzim . Enzim adalah zat kimia yang di hasilkan oleh tubuh yang berfungsi mempercepat reaksi – reaksi kimia yang ada didalam tubuh .

Saluran pencernaan pada manusia
Saluran pencernaan merupakan saluran yang menerima makanan dari luar dan mempersiapkan nya untuk diserap oleh tubuh denganjalan pencernaan .
Terdapat 6 oragan utam untuk pencernaan yaitu :

1.Mulut

Proses pencernaan di mulai sejak dari dalam mulut dan di dalam mulut terdapat alat – alat yang membantu proses pencernaan yaitu :

a.Gigi
Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi halus  , gigi dapat dibedakan menadi empat macam yaitu gigi seri , gigi taring , gigi geraham depan , gigi geraham belakang .

b.Lidah
Lidah berfungsi untuk mengaduk makanan di dalam rongga mulut dan mendorong makanan . Selain itu lidah juga berfungsi sebagai indra pengecap yang dapat merasakan asin , manis , asam , dan pahit .

c.Kelenjar ludah
Kelenjar ludah menghasilkan ludah atau air liur ( saliva ) , ludah berfungsi untuk membasahi makanan sehingga mudah untuk ditelan .
Kelenjar ludah didalam rongga mulut terdapat tiga pasang yaitu ;
•Kelenjar parotis terletak dibawah telinga
•Kelenjar submandibularis terletak dirahang bawah
•Kelenjar sublingualis terletak dibawah lidah

2.Kerongkongan ( esofagus )

Kerongkongan merupakan saluran penghubung antara rongga mulut dengan lambung , kerongkongan berfungsi sebagai jalan makanan menuju lambung dari mulut yang sudah di kunyah halus .Otot kerongkongan dapat berkontraksi secara bergelombang sehingga mendorong makanan kelambung .  Gerakan pada kerongkongan ini di sebut gerakan peristalis .

3.Lambung ( ventrikulus )

Lambung merupakan kantung besar yang terletak di sebelah kiri rongga perut sebagai temapt terjadinya sejumlah proses pencernaan .

 Lambung terdiri dari tiga bagian yaitu ;
a.Bagian atas ( kardiak )
Kardiak berkaitan dengan hati dan berhubungan dengan kerongkongan .
b.Bagian tengah yang membulat ( fundus )
c.Bagian bawah ( pilorus )

Pilorus berhubungan langsung dengan usus dua belas jari .
Dibagian ujung kardiak dan pilorus terdapat klep atau sfingter yang mengatur keluar dan masuknya makanan kedalam lambung .

4.Usus halus ( intestinum )

Usus halus merupakan tempat penyerapan sari makanan dan tempat terjadi proses pencernaan yang paling panjang  . Usus halus terdiri atas :
a.Usus dua belas jari ( duodenum )
b.Usus kosong (jejenum )
c.Usus penyerap ( ileum )

Pada usus dua belas jari bemaura saluran getah pankreas dan saluran empedu , pankreas manghasilkan getah pankreas yang menghasilkanen zim- enzim sebagai berikut :
a.Amilopsin  ( amilase pankreas ) yaitu enzim yang merubah zat tepung ( amilum ) menjadi gula lebih sederhana (maltosa).
b.Steapsin (lipase pankreas) yaitu enzim yang mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
c.Tripsinogen jika belom aktiv maka akan di aktivkan menjadi tripsin yaitu enzim yang merubah protein dan pepton menjadi dipetida dan asam amino yang di serap oleh usus halus .


Selain enzim dari pankreas didinding usus halus juga menghasilkan getah usus halus yang mengandung enzim – enzim sebagai berikut :
a.Maltase , berfungsi mengubah maltosa menjadi glukosa
b.Laktase , berfungsi mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa
c.Sukrase ,berfungsi mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa
d.Enterokinase berfungsi mengaktivkan tripsinogen menjadi trisin

Pada dinding  usus penyerap terdapat jonot – jonot usus yang di sebut vili , vili berfungsi memperluas daerah penyerapan usus halus sehingga sari – sari makanan dapat terserap lebih banyak dan cepat .

5.Usus besar

Makanan yang tidak dicerna oleh usus harus akan menuju ke usus besar dan akan menjadi feses , di dalam usus besar terdapat bakteri Escherichia coli bakteri ini memantu proses pembusukan sisa makan yang dibuat menjadi feses selain itu jga bakteri ini mengandung vitamin K yang berfungsi dalam proses pembekuan darah .
Makanan menuju usus besar memerlukan waktu antara empat sampai lima jam namun usus besar dapat menyimpan makanan selama 24 jam .

6.Anus

Anus merupakan lubang tempat pembuangan feses dari dalam tubuh  . Sebelum ldi buang lewat anus fees ditampung dahulu di rectum ( poros usus ) . Apabila feses sudah siap di buang maka otot spinkter rectum mengatur pembukaan dan penutupan anus , otot spinkter ada dua macam yaitu ptot lurik dan otot polos  .
   

Tag : PENDIDIKAN, SMP
Back To Top