Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

HATI-HATI DENGAN BUBUK INI IKAN DAPAT KEMBALI SEGAR!!!

Bagi anda pecinta ikan tentunya harus ekstra hati-hati dalam memilah dan memilih ikan. Karena telah ditemukan bahan yang dapat menjadikan ikan kembali segar meski sudah membusuk. Menjual ikan dan menjaganya agar tetap segar tentu tak mudah, hal ini karena tidak setiap hari ikan yang dijual itu laku keras. Dan tentu saja dapat menimbulkan kerugian jika harus membuang ikan tersebut karena membusuk. 
Dari sinilah timbul ide-ide nakal dari penjual yang tak mau rugi tersebut. Ikan yang sudah mati diberi bubuk putih yang bernama sodium peroksida. Pakar ikan dari Guangxi Fisheries Science Researh Institute, Li Xiaozheng mengatakan bahwa bubuk ini adalah bahan kimia yang sering dipakai sebagai bahan pemutih di industri kertas. 

Ikan mati yang di dalam bak yang ditaburi bubuk ini akan nampak hidup kembali. Padahal bukan hidup melainkan reaksi ikan tersebut terhadap bahan kimia yang bernama sodium peroksida ini. Hal ini dikarenakan oksigen yang terkandung didalamnya dapat bereaksi ketika tercampur air. 
Li mengatakan,”Yang membahayakan adalah ketika digunakan dalam industri untuk mendapatkan ikan segar. Bila bahan kimia ini terbawa sampai proses produksi maka akan berbahaya bagi yang mengonsumsinya,”
Nah … sobat tentunya kita merinding bukan ketika mengetahui berita ini. Tips membedakan ikan segar dan tidak adalah dengan cara melihat insang ikan tersebut. Ikan segar insangnya berwarna merah segar. Sedang ikan yang telah busuk dan mati insangnya berwarna pucat dan mudah hancur.Amati sebelum membeli agar anda tidak menyesal ya kawan.

Back To Top