Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

MACAM - MACAM HORMON PADA TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

HORMON


Hormon adalah senyawa kimiawi yang pembawa pesan tersusun atas molekul protein / peptida / steroid , yang akan merangsang atau mempengaruhi jaringan target . Hormon sangat berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan . Hormon tumbuhan di hasilkan di dalam tubuh tumbuhan namun di pengaruhi oleh kondisi luar tumbuhan .

Senyawa kimia ini akan merespon terhadap perubahan lingkugan dengan menggunakan merangsang sel dan target . Hormon pada tumbuhan di kenal dengan istilah fitohormon ( fito /phyto = tumbuhan , hormone = senyawa perangsang ) yang akan mempengaruhi sel - sel dan jaringan tubuh .
Jenis - jenis hormon pada tumbuhan :

a. Auksin ( IAA ) 

Istilah auksin pertama kali di gunakan oleh First Went . Auksin atau asam indolaseta ( IAA) merupakan suatu senyawa kimia yang membantu proses pemanjangan sel . Auksin dapat di temukan di ujung akar , koleoptil , dan jaringan yang bersifat meristematis .

Fungsi utama pada auksin adalah merangsang pemanjangan batang , pertumbuhan diferensiasi sel - sel  , membentuk percabangan akar , memacu perkembangan buah , merangsang pertumbuhan tunas apikal kearah cahaya (fototropisme) dan tunas akar ke pusat bumi serta menghambat pembentukan
cabang batang . 

b. Sitokinin ( zeatin )

Sitokinin atau zeatin pertama kali di temukan pada tanaman jagung . Hormon ini di sintetis di dala akar yang di angkut tubuh tumbuhan oleh jariingan pengankut , Fungsi utama dari hormon sitokin adalah mempengaruhi pertuhbuhan dan diferensiasi akar , merangsang pertumbuhan sel dan pembelahan sel , menghambat penuaan dengan menghentikan sintetis protein tertentu , serta melawan auksin dalam menghambat percabangan .

c. Giberlin ( GA3 )

Senyawa giberlin pertama kali di temukan pada tanaman di jepang yang mengalami pertumbuhan amat tinggi.
Hormon giberlin di sintesiskan pada meristem tunas apikal dan akar , daun muda , serta di dalam embrio .
Fungsi hormon giberlin:
1. Memacu aktivitas kambium
2. Menyebabkan tanaman tumbuh tinggi
3. Membantu perkecambahan biji
4. Menghasilkan buah tak berbiji
5. Menyebabkan tanaman cepat berbunga
6. Menghilangkan sifat kerdil secara genetik pada tumbuhan
7. Memacu pertumbuhan secara abnormal  pada batang utuh

d. Asam absisat ( ABA )

Asam absisat merupakan hormon penghambat pertumbuhan tumbuhan yang bekerja berlawanan dengan auksin , sitokinin , dan giberlin . Fungsi utama dari asam absisat adalah :
a. Menghambat pertumbuhan
b. Menutup stomata saat kekurangan air
c. Membantu pengguguran bunga
d. Menurunkan kecepatan pembelahan
e. Menyebabkan dorminasi (istirahat , tidak melakukan metabolisme )
f. Mengurangi pemanjangan sel

e. Gas etilen 

Etilen adalah hormon tumbuhan yang berupa gas penyebaran di dalam tumbuhan ialah dengan berdifusi antar ruang udara antar sel . Gas etilen di lepaskan oleh buah - buahan terutama yang sudah tua , selain berfungsi untuk pematangan biah gas etilen juga berfungsi untuk menghambat pemanjangan batang kecambah , mendorong gugurnya daun , menebalkan batang ,dan memacu perkembahan bijj .

f. Asam traumalin

Asam traumalin adalah hormon yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh  yang terluka . Traumalin akan menutub bagian tubuh tumbuhan yang tergores dengan mengeluarkan getah kemudian menutupnya dengan membentuk kalus .

Tag : INFORMASI, IPA, SMP
Back To Top