Pada Dasarnya Artikel Ini Dibuat Untuk Menambah Ilmu Dan Dibagikan Secara Gratis!!! Ayoo Berbagi...

PENGERTIAN ADAPATASI MAHLUK HIDUP DAN MACAM - MACAM ADAPTASI MAHLUK HIDUP

A. Pengertian adaptasi mahluk hidup 

Adaptasi mahluk hidup adalah cara mahluk hidup untuk menyusuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggal.
Adaptasi sangat di perlukan karena suhu di bumi mempunyai karakteristik yang berbeda - beda . Contohnya seperti di kutub utara yang suhunya sangat dingin dan di gurun yang suhunya sangat panas dan gersang .

Lingkungan tempat mahluk hidup berkembangbiak di sebut dengan habitat . Pada umumnya mahluk hidup yang sudah beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan lain , kecuali manusia karena manusia memiliki akal dan pikiran .

B. Macam - macam adaptasi mahluk hidup 

Respon yang di timbulkan dari penangkapan rangsang akan memunculkan adaptasi yang dapat berupa perubahan bentuk , fungsi tubuh , atau prilaku organisme . Maka dari respon tersebut adaptasi dapat di bedakan menjadi 3 macam adapatasi pada organisme :

a. Adaptasi morfologi 

Adaptasi morfologi adalah penyesuain bentuk tubuh atau alat - alat tubuh mahluk hidup terhadap lingkungan tempat tinggalnya . Pada adaptasi ini perubahan bentuk biasanya terjadi pada paruh , kaki , maupun bentuk seluruh tubuh .

Adaptasi morfologi berfungsi untuk menyesuaikan bentuk tubuhnya dengan cara mendapatkan makanan dan menyesuaikan bentuk tubuhnya bagaimana ia tinggal di tempat tersebut .
Seperti pada paruh burung pemakan dagiing yang memiliki kontur yang tajam untuk mengoyak daging , sedangkabn burung pemakan madu memiliki paruh yang berbentuk panjang .

b. Adaptasi fisiologi 

Adaptasi fisiologi adalah perubahan fungsi alat tubuh mahluk hidup terhadap lingkungan tempat tinggalnya .
Fisiologi berarti fungsi kerja organ tubuh . Adaptasi ini tidak bisa di lihat langsung oleh mata karena ini melibat organ - organ bagian dalam tubuh .

Seperti ikan air tawar yang hidup dalam kadar garam rendah sehingga air tawar akan kekurangan mineral dan kelebihan air maka untuk mencukupi kebutuhan mineral ikan air tawar aka sedikit meminum air dan akan banyak mengeluarkan urine untuk membuang air .

c. Adaptasi tingkah laku 

Ancaman yang hadir akan memaksa organisme untuk melakukan perubahan tingkah laku untuk melindungi diri . Selain itu juga adaptasi tingkah laku berhubungan dengan kebiasaan mahluk hidup untuk beradaptasi dan mempertahankan hidupnya di suatu lingkungan .

Seperti lumba - lumba yang secara periode muncul kepermukaan untuk mengambil oksigen . Hidup di air dengan orga paru - paru tertentu akan memaksa untuk hal demikian agar dapat bertahan hidup .

Tag : INFORMASI, IPA, SMP
Back To Top